Mesin-Kecerdasan Insting (In)



Insting (In)


In adalah singkatan dari Insting.  Menggunakan dua huruf supaya tidak sama dengan singkatan Intuiting.  Jika dua huruf In bergandengan merupakan identitas sebagai Mesin-Kecerdasan.  Menurut konsep STIFIn ragam Mesin-Kecerdasan hanya ada lima, dan In adalah salah satu diantara 5 Mesin-Kecerdasan tersebut.  Pada Mesin-Kecerdasan In tidak memiliki kemudi kecerdasan, baik introvert (i) ataupun extrovert (e).  karena secara fisik otak tengah yang menjadi milik In memang tidak memiliki lapisan yang berwarna abu-abu dan putih. Dengan demikian In selain berperan sebagai Mesin-Kecerdasan juga merupakan kepribadian genetik. 

Pengertian sederhana dari Insting adalah jenis kecerdasan atau kepribadian genetik yang berbasis kecerdasan naluri atau indera ketujuh yang proses kerjanya dikemudikan secara otomatis karena tidak memiliki kemudi.  Kepribadian In ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan berkorban bagi kepentingan yang lebih besar melebih delapan jenis kepribadian yang lain.  Kelebihan ini disepadankan dengan kecerdasan berkorban atau disebut AQ (Altruist Quotient).

Kehebatan In adalah Serba Bisa
Sistem operasi pada tipe In berada di belahan otak tengah.  Otak tengah menyangga keempat belahan otak sama baiknya.  Jika otak tengah kuat maka pada tingkat tertentu dapat membantu memperkuat keempat belahan otak lainnya.  Terutama karena otak tengah menjadi hub bagi keempat belahan otak lainnya sehingga proses koordinasi, harmonisasi, dan keseimbangan otak dapat berjalan secara baik.

Karena tidak memiliki kemudi, otak tengah akan member reaksi spontan pada setiap stimulus yang masuk.  Meski syaraf terlebih dahulu tiba di otak tengah sebelum menyebar kepada empat belahan otak lainnya namun bukan berarti keempat belahan otak itu tidak dilibatkan ketika otak tengah merespon sesuatu.  Meskipun tanpa kemudi proses koordinasi respon holistik oleh seluruh otak terjadi.  Hal itu ditunjukkan oleh kemampuan otak tengah merespon secara holistik pada setiap respon datang.

Mesin-Kecerdasan In sesungguhnya identik dengan reflek.  Mereka memiliki reflek yang cepat.  Reflek yang bersumber dari hasil pengolahan yang holistik ini membuat tipe In dalam kesehariannya mudah beradaptasi.  Ia seperti dapat mengakses sama baiknya kepada empat belahan otak yang lain.  Bahkan secara fisik pun tipe In memiliki kemampuan adaptasi fisik yang baik terhadap lingkungan.  Pada cuaca lingkungan dan mental seperti orang S ia akan menyesuaikan sseperti orang S juga. Demikian seterusnya dengan tiga belahan otak yang lain.

Bentuk badannya datar (stenis) ditandai dengan garis bahu yang lurus rata ke samping.  Dengan bentuk badan yang datar ditambah leher yang pendek dengan posisi otak tengah yang paling dekat dengan tulang belakang dan pada saat yang sama otak tengah tersebut menyangga keempat belahan otak sama baiknya maka hal itu membuat tipe In memiliki fungsi tubuh yang serba bisa.  Fungsi keserba-bisaannya yang digabungkan dengan kekuatan refleknya membuat tipe In seolah-olah akan survive diletakkan di lingkungan seperti apapun atau diterjunkan di profesi apapun.

·      Intisari Tentang Anda:
Kecerdasan Anda Insting yang berarti merujuk kepada naluri sebagai indera ke tujuh Anda, yang dilengkapi dengan kemampuan serba-bisa.  Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuat Anda responsif, mudah beradaptasi, dan banyak kawan.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Otak Tengah, Lapisan tidak ada
·      Jenis kecerdasan:
Altruist Quotient (kecerdasan dalam bekerja untuk orang lain)
·      Peranan:
Peranan In adalah sebagai Parner (Mitra)
Partner (Mitra)
·      Kelebihan:
3rd eye (Mata ketiga)
·      Target:
Growth (Pertumbuhan)
·      Harapan
Contributing (Kontribusi)
·      Arah Merek
Merek pada keperanannya
·      Tabiat terhadap uang
Penolong
·      Bentuk Jasmani
Stenis atau datar
·      Kekuatan Jasmani
Adaptasi fisik
·      Fungsi Tubuh
Serba-bisa
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
balanced                                         :  Tetap pendirian, stabil, teratur
Compromising                                 :  Mencurigakan
Peaceful                                          :  Tenang, damai
Resourceful                                     :  Banyak akal
Simple                                             :  Sederhana, biasa, bersahaja
forgiving                                          :  Mudah memaafkan
Occupied                                        :  Mengisi/memakan/mempergunakan waktu
Flowing                                           :  Mengalir
Smooth                                           :  Sopan, ramah, halus
Intermediary                                    :  Perantara, penengah

·      Empat Kata Kunci
Kemistri In adalah Selalu Bahagia
Merangkai, reflek, berkorban, otomatis
·      Cara Belajar:
Merangkai bacaan menjadi rangkuman dan mengurai kembali sampai tuntas, gunakan latar musik.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    : 
Hilangkan tekanan dengan scaffolding (dibimbing dari dekat) sesaatnya.
·      Klu diri
Mencari Peran untuk memultitasking-kan pengabdiannya
·      Kemistri
Selalu Bahagia

·      Keutamaan Sekolah menuju       karir di industri yang sesuai:  
Musik/Performance, Jasa, Kulinary (berhubungan dengan masakan),  agama/budaya/charity.
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Pembalap, entertainer, agamawan, aktivis, musik, chef, jurnalis, pengetahuan umum, performance, spiritualis, birokrat, pelayan masyaraka, mediator, tangan kanan untuk semua posisi dan semua industri, kolumnis, generalis, presenter serba-bisa, atlit serba-bisa, dll

·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Spiritualis yang hebat namun juga individu yang galak dan temperamental, nalurinya tajam, dan pandai meramal namun peragu dan tidak punya prinsip, isi kepala lengkap sebagai generalis namun membuatnya tanggung tidak tuntas, ingin tenang dan bahagia tapi kurang assertive (tegas), sangat responsif, cepat, dan komprehensif (luas, meliputi banyak hal) namun dalam kontektualitas sebatas ad hoc (khusus) dan kurang jangka panjang, jujur dan polos namun seringkali naif

Ciri Kepribadian Insting (In)
Kepribadian ini jenis calon spiritualis yang hebat.  Otak reptilia yang dimilikinya membuat mereka seperti galak dan temperamental.  Namun Tuhan memasukkan otak spiritual ke golongan ini. Kondisi keseharian meraka berada diantara rentang kebinatangan dan kespiritualan yang tinggi. Setiap hari selalu terjadi tarik menarik. Mereka memiliki naluri yang tajam, pandai meramal dan kemampuan spekulasinya tinggi. Nalurinya yang tajam diantaranya jika pasangan hidupnya berselingkuh mereka dapat mencium bau perselingkuhan itu.  Hal yang mengganggu ketajaman nalurinya adalah karena mereka peragu dan tidak punya prinsip. 
Mudah didikte oleh pengaruh luar yang kuat. Isi kepalanya yang lengkap telah mencetak mereka menjadi seorang generalis.  Bukan hanya itu, bahkan mereka memiliki kemampuan ensiklopedik yang baik.  Dirinya mudah melakukan kasyaf dalam beribadah karena kehadiran otak spiritualnya. Mereka merasa sangat risih bilamana terjadi kisruh dalam kehidupannya.  Mereka pencari kebahagiaan, ketenangan, dan kedamaian. Cara berpikirnya pendek.  Daripada konflik lebih bagus menghindar, tanpa harus berpikir dampak jangka panjang. Dalam mengambil langkah, menjalankan program, dan mengambil keputusan bisa sangat responsif, cepat, dan selalu keluar solusi ad hock. Reaksinya yang spontan sedikit terganggu oleh bawaan dirinya yang lamban. 
Mereka  jujur dan polos, namun mudah terganggu oleh keadaan sekitarnya. Kemurnian diri mereka membuat terlihat bijak, namun mengarungi realitas kehidupan yang menanjak mereka cepat jatuh pasrah. Kemampuan mereka lengkap namun tidak tuntas pengunaannya.